Rabu, 21 Februari 2024

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Lapas Kalabahi Bangun Beberapa Fasilitas Pendukung yang Humanis bagi Warga Binaan dan Pengunjung


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, membangun beberapa fasilitas pendukung yang humanis bagi warga binaan dan pengunjung, Rabu (21/02).

Beberapa fasilitas tersebut, yakni ruangan kids corner, ruangan laktasi, serta kantin dan kafe mini. Fasilitas-fasilitas dimaksud akan membuat para warga binaan dan pengunjung merasa puas dan nyaman, karena dapat memenuhi hak mereka.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, saat dikonfirmasi di ruangannya, menyampaikan bahwa tujuan dibangunnya beberapa fasilitas pelayanan publik di Lapas Kalabahi adalah untuk pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM), sehingga terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas bagi warga binaan dan pengunjung.

Ia menerangkan, Lapas Kalabahi sendiri telah meraih predikat sebagai 3 terbaik Satuan Kerja Pemasyarakatan yang melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM), sehingga sudah selayaknya untuk selalu menyiapkan fasilitas pelayanan publik yang lebih memadai dan humanis serta mengikuti perkembangan zaman melebihi fasilitas pelayanan publik yang ada sebelumnya.

"Kita harus terus membenahi fasilitas pelayanan publik yang sudah ada menjadi lebih baik, memadai, dan humanis sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan warga binaan dan pengunjung," terang Yusup.



Lebih lanjut, Yusup menekankan pentingnya kepuasan terhadap pelayanan yang dirasakan masyarakat ketika memanfaatkan fasilitas pelayanan publik yang ada di Lapas Kalabahi, sehingga ia bersama pihaknya selalu melakukan evaluasi setiap periodik untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan publik.

"Kalau ada yg perlu kami benahi dari fasilitas yang ada, kami langsung melakukannya, karena yang terutama adalah kepuasan warga binaan dan pengunjung. Kita harus bisa melakukan banyak perubahan untuk Lapas Kalabahi menjadi lebih baik," jelasnya.

Terkait dengan kantin dan kafe mini yang dibangun di Lapas Kalabahi, Yusup menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan untuk mendekatkan pelayanan dengan warga binaan, pengunjung, maupun petugas.

Menurut Yusup, kantin dan kafe mini tersebut akan menyediakan berbagai makanan, minuman, peralatan mandi, dan lain-lain yang sangat dibutuhkan warga binaan, pengunjung, dan petugas.

"Khusus bagi petugas, ketika melaksanakan piket dan merasakan haus maupun lapar, mereka tidak perlu lagi untuk membeli makanan dan minuman di luar. Kantin dan kafe mini ini akan menyediakan makanan maupun minuman untuk keperluan mereka. Tentunya, hal ini sangat efektif dan efisien bagi mereka," imbuh Yusup.





Sementara itu, seorang warga binaan berinisial FR, dalam kesempatan ini turut menyampaikan pendapatnya terkait dengan fasilitas-fasilitas pendukung pelayanan publik yang dibangun di dalam Lapas Kalabahi.

FR merasa senang dan penuh ucapan syukur, karena fasilitas-fasilitas tersebut akan sangat berguna bagi dirinya dan teman-teman warga binaan lainnya serta keluarga mereka yang datang mengunjungi mereka ke Lapas Kalabahi.

"Kami sungguh bangga dengan Bapak Kalapas Kalabahi dan seluruh pegawai, karena sampai saat ini selalu melakukan yang terbaik bagi hidup dan kehidupan kita untuk menjadi lebih layak, aman, dan nyaman di sini. Kami sangat merasakan hal itu," pungkas FR. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar