Senin, 19 Februari 2024

Upaya Pemeliharaan Bangunan: Lapas Kalabahi Melakukan Pengacatan Atap Kantor dan Perbaikan Pagar Terali

 

Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai upaya dalam melaksanakan pemeliharaan bangunan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi melakukan pengecatan atap kantor dan perbaikan pagar terali seluruh blok hunian, Senin (19/02). Proses pengerjaannya dilakukan oleh warga binaan dan akan berlangsung selama seminggu.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, saat dikonfirmasi di ruangannya, menyampaikan bahwa kegiatan pengecatan atap kantor dan perbaikan pagar terali dilakukan untuk memelihara bangunan Lapas Kalabahi yang sudah mengalami keropos dan rusak serta menghindari terjadinya kebocoran atap di musim hujan.

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Kalabahi, baik itu yang berasal dari atap kantor yang keropos dan berlubang maupun terali yang keropos, rusak, dan tidak berfungsi dengan baik sesuai manfaatnya.

"Pengecatan atap kantor dan perbaikan pagar terali harus cepat kami lakukan, karena merupakan program kerja kita pada triwulan pertama tahun ini, dan lebih dari itu untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih berat, dan mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas," ungkap Yusup.



Yusup lanjut menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan pengecatan atap kantor dan perbaikan pagar terali, tetapi juga melakukan perbaikan pada bagian tembok gedung Gereja Zoar Lapas Kalabahi yang sudah mengalami kerusakan.

Sebelumnya, menurut Yusup, kegiatan serupa yang telah dilakukan pada triwulan pertama Tahun 2024 ini ada beberapa kegiatan diantaranya, yakni perbaikan dan pengecatan tembok dan kamar-kamar hunian warga binaan, perbaikan septic tank pada kamar-kamar hunian warga binaan, pembenahan taman bermain anak menjadi lebih humanis, perbaikan gudang senjata, pembangunan kantin dan kafe mini bagi warga binaan, perbaikan ruangan laktasi pada ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan lain-lain. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, dari tempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Djone, memberikan apresiasi terhadap kinerja Kalapas Kalabahi bersama jajaran yang sampai sejauh ini telah melakukan banyak perubahan di Lapas Kalabahi.


Marciana berharap agar kinerja tersebut dapat dipertahankan dan menjadi contoh bagi satuan kerja Pemasyarakatan lainnya di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT. (Humas_AN)





 

0 komentar:

Posting Komentar