Selasa, 06 Februari 2024

Pembina Pramuka Lapas Kalabahi Berikan Penguatan Karakter dan Disiplin Kepada Warga Binaan



Kalabahi, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi mengadakan kegiatan penguatan kepramukaan yang diikuti oleh Gugus Depan (Gudep) Pramuka Warga Binaan Lapas Kalabahi. Sebanyak 18 warga binaan Lapas Kalabahi berpartisipasi dalam kegiatan ini yang dipandu oleh pelatih dan pembina pramuka, Selasa (06/02).

 

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan. Yusup menyampaikan harapannya atas keberhasilan kegiatan tersebut dalam memberikan nilai tambah bagi para warga binaan.

 

Dua pelatih pramuka yang memberikan penguatan Kepramukaan yaitu Ardiyansyah Mahmud dan Ardiyansyah Amin. Turut hadir pula Mauludin Hamzah, pembina pramuka Lapas Kalabahi, yang memastikan jalannya kegiatan.

 

Tim pramuka warga binaan menerima materi tentang dasar-dasar kepramukaan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian dan fungsi dari pramuka. Mereka mempelajari nilai-nilai kepramukaan seperti kedisiplinan, kekompakan, keberanian, dan kejujuran. Setelahnya, mereka terlibat dalam latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), sebagai upaya untuk memperkuat disiplin dan kekompakan mereka.

 

Yusup menyatakan bahwa pembentukan tim pramuka Lapas Kalabahi adalah salah satu upaya penting dalam program pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan warga binaan.

 

"Kita sudah membentuk tim pramuka Lapas Kalabahi yang terdiri dari 18 orang warga binaan, pembentukan tim pramuka Lapas Kalabahi adalah bagian dari program pembinaan untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan mereka," ujar Yusup.

 

Yusup juga berharap agar tim pramuka warga binaan ini dapat melaksanakan tugas-tugas kepramukaan kedepannya dengan baik. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang penting dalam pembinaan pembentukan karakter bagi warga binaan.

 

"Saya sangat berharap agar tim pramuka warga binaan ini dapat menjalankan tugas mereka dengan baik, menghidupi orgnisasi Pramuka di dalam Lapas Kalabahi, ini juga bagian dari pembentukan karakter yang baik bagi mereka" tambah Yusup.

 

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk melakukan kegiatan positif yang bertujuan untuk membentuk karakter warga binaan

 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru. Melalui kegiatan kepramukaan, mereka diharapkan dapat meningkatkan potensi diri serta mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat dengan bekal yang lebih baik. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar