Minggu, 10 Desember 2023

LAPAS KALABAHI TERIMA KUNJUNGAN KASIH PEDULI HAM DARI KOMUNITAS BASECAMP MELANGKIKI FAMILY UNTUK WARGA BINAAN

 

Kalabahi, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menerima kunjungan kasih peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Komunitas Basecamp Melangkiki Family untuk warga binaan, Minggu (10/12). Kunjungan kasih ini merupakan kegiatan memperingati Hari HAM Sedunia ke-75 yang ditandai dengan pemberian paket hygiene oleh Komunitas Basecamp Melangkiki Family kepada seluruh warga binaan.

 

Paket hygiene dimaksud terdiri dari handuk, celana dalam, sabun cair, sabun batang, sampo, deodoran rexona, dan pembalut.

 

Selain memberikan paket hygiene, Komunitas Basecamp Melangkiki Family juga melaksanakan penyuluhan kesehatan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh warga binaan. Kegiatan ini bertempat di Gedung Gereja Zoar Lapas Kalabahi, dengan pembawa meterinya, dokter (dr) Thaeosudora Lily.

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, meresponi kunjungan tersebut. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas Basecamp Melangkiki Family yang telah mempedulikan warga binaan bertepatan dengan momen peringatan Hari HAM Sedunia ke-75.

 

"Rasa hormat dan terima kasih kami sampaikan kepada Komunitas Basecamp Melangkiki Family yang sudah menyatakan kepedulian mereka terhadap warga binaan kami di Hari HAM Sedunia yang ke-75 ini. Warga binaan kami tentu sangat senang dan bahagia, karena apa yang menjadi keperluan mereka, dapat terpenuhi," ujar Yusup.



Yusup juga menyatakan bahwa paket hygiene yang diterima warga binaan merupakan barang-barang keperluan warga binaan yang baru pertama kali menjadi perhatian pihak luar, sehingga ia bersama seluruh jajaran sangat mengapresiasi kunjungan kasih peduli HAM ini.

 

Bersamaan dengan itu, Yusup juga menerangkan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi apresiasi ia bersama seluruh jajaran, tetapi mendapatkan respon dan penghargaan yang luar biasa dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

 

Terkait dengan kegiatan penyuluhan PHBS, Yusup berharap melalui kegiatan tersebut dapat merubah perilaku warga binaan untuk menjaga kebersihan diri agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tidak menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sementara itu, Karnol Datemoli, selaku Ketua Panitia yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa kehadiran komunitas mereka di Lapas Kalabahi dipicu oleh kepedulian dan keprihatinan mendalam terhadap kondisi warga binaan.

 

Menurutnya, momen Hari HAM Sedunia yang ke-75 menjadi momentum yang sangat berharga bagi mereka untuk berbagi kasih dengan warga binaan Lapas Kalabahi, karena warga binaan Lapas Kalabahi merupakan kelompok yang harus mendapatkan perhatian dari semua pihak, termasuk komunitas mereka.

 

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak sendiri dilaksanakan oleh Komunitas Basecamp Melangkiki Family, tetapi juga mendapatkan dukungan penuh dari 2 (dua) komunitas lainnya yang ada di Kabupaten Alor, yakni Komunitas META dan Komunitas Wecome to Alor.

 

“Kami bekerjasama untuk hadir di tengah masyarakat sebagai komunitas yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia. Kami peduli dengan hak-hak warga binaan Lapas Kalabahi, karena kami tahu bahwa ketika mereka menjalani pidana, tentunya mereka sulit untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Selain mereka mendapatkan perhatian dari pemerintah, dalam hal ini Lapas Kalabahi, mereka juga membutuhkan perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya, dengan kehadiran kami, mungkin dapat mencukupi kebutuhan mereka,” ucap Karnol.



Karnol pun berharap kegiatan yang dilaksanakan komunitasnya di Lapas Kalabahi, dapat bermanfaat bagi seluruh warga binaan. Dalam kesempatan ini juga, ia minta agar warga binaan Lapas Kalabahi dapat selalu menjaga kebersihan diri dengan selalu menerapkan PHBS dalam aktivitas sehari-hari untuk mencegah terjadi masalah kesehatan.

 

Selanjutnya, salah seorang warga binaan berinisial KU, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas Basecamp Melangkiki Family, atas bantuan kemanusiaan yang diterimanya bersama teman-teman warga binaan.

 

“Saya dan teman-teman tentunya menyampaikan ucapan terima kasih yang besar kepada Komunitas Basecamp Melangkiki Family, atas bantuan kemanusian yang diberikan kepada kami. Bantuan ini sangat berharga bagi kami, dan oleh karena itu, kami berdoa agar Tuhan selalu memberkati Komunitas Basecamp Melangkiki Family melalui tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang mereka lakukan,” pungkas KU. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar