Jumat, 29 Desember 2023

Menutup Tahun 2023 dengan Penuh Makna, Lapas Kalabahi Gelar Tausiah Akhir Tahun


Kalabahi, INFO_PAS - Menutup tahun 2023 dengan nuansa penuh makna dan kebersamaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menghelat kegiatan tausiah akhir tahun di Masjid At-Taubah Lapas Kalabahi pada pukul 09:30 WITA, Jumat (29/12).

 

Acara ini diselenggarakan dengan dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, Ketua Takmir Masjid, Ismail Dusu, Ustadz Nurdin Abdullah sebagai penceramah, pegawai muslim, dan warga binaan muslim Lapas Kalabahi.

 

Perhelatan dimulai dengan sambutan dari Kalapas Kalabahi, yang memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Ustadz Nurdin Abdullah yang telah memberikan kontribusi dengan meluangkan waktunya untuk hadir dan menyampaikan tausiyah.

 

 “Saya sampaikan terimakasih kepada ustadz Nurdin Abdullah yang sudah hadir sama sama bersama kami untuk menyampaikan tausiyah yang kami harap dapat memberikan manfaat kepada kita semua,” ujar Yusup.

 

Selain itu, Yusup juga menyoroti pentingnya optimalisasi waktu, terutama di akhir tahun, sebagai bagian integral dari pembangunan pribadi dan spiritual.

 

"Kegiatan seperti inilah yang harus rutin dilaksanakan sehingga selain meningkatkan keimanan juga untuk mengisi waktu warga binaan sehingga tidak terbuang sia-sia, tausiyah ini kedepan akan rutin di lakukan dan saya berharap ustadz bersedia untuk meluangkan waktu untuk warga binaan dan Petugas di Lapas Kalabahi," tambah Yusup.

 

 

Momentum tersebut mencapai puncaknya melalui tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Nurdin Abdullah. Melalui ceramahnya, beliau membahas prinsip-prinsip fundamental dalam memanfaatkan waktu secara efektif, dengan fokus khusus pada aspek-aspek spiritual. Pesan positif yang disampaikan merangsang refleksi mendalam dan memotivasi hadirin, terutama para warga binaan muslim Lapas Kalabahi, untuk memulai tahun baru dengan semangat yang baru.

 

"Saya sudah sangat berharap dapat mengisi kegiatan-kegiatan positif seperti ini, Lapas Kalabahi bukan tempat asing bagi saya, sebab dari tahun 1998 saya sudah di beri amanah untuk membimbing memberikan ilmu agama islam kepada warga binaan disini, saya harap kegiatan ini rutin dilaksanakan dan saya siap membantu, demi supaya waktu yang di pakai teman-teman khususnya warga binaan tidak terbuang sia sia, dan dapat di gunakan sebaik mungkin, karena kita sebagai umat muslim, adalah tidak boleh menyia nyiakan waktu, harus di gunakan sebaik baiknya," ujar Nurdin.

 

Pelaksanaan tausiah di Lapas Kalabahi menjadi momen yang luar biasa ketika kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Sholat Jumat bersama seluruh pegawai dan warga binaan. Suasana kerukunan dan kekhusyukan terasa begitu mendalam.

 

Partisipasi antusias warga binaan dalam kegiatan ini mencerminkan rasa hormat mereka terhadap norma dan nilai-nilai yang diperjuangkan di lingkungan Lapas. Ini juga menunjukkan kesungguhan mereka dalam mendalami ajaran agama sebagai upaya peningkatan diri di penghujung tahun.

 

Momentum akhir tahun ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) tentang pentingnya peningkatan pemahaman spiritual yang baik.

 

Secara keseluruhan, tausiah akhir tahun di Lapas Kalabahi tidak sekadar menjadi wadah peningkatan spiritual, melainkan juga sebagai bentuk komitmen dalam membina nilai-nilai positif di kalangan warga binaan. Semangat positif yang disemai diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas kehidupan warga binaan Lapas Lapas Kalabahi pada tahun mendatang. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar