Rabu, 13 Desember 2023

TINGKATKAN PEMAHAMAN KEARSIPAN, LAPAS KALABAHI TERLIBAT AKTIF BERSAMA TIM ARSIPARIS KANWIL NTT


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi melangkah maju dalam meningkatkan profesionalisme dan pengelolaan arsipnya melalui kegiatan sosialisasi  yang diikuti dengan tema "Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia." Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pendampingan proses usul musnah arsip di Lapas Kalabahi, Rabu (13/12).

 

Sosialisasi yang berlangsung di aula Lapas Kalabahi dihadiri oleh perwakilan pegawai dari setiap bidang Lapas Kalabahi. Materi disampaikan oleh Tim Arsiparis Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terdiri dari Meky Sandy, Yuliana Rachmawati, Luru Lidia, dan Diana Ndoloe. Mereka membahas aspek-aspek penting dalam kearsipan, mulai dari surat dinas hingga langkah-langkah pemusnahan arsip.

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, membuka kegiatan tersebut dengan penuh apresiasi terhadap Tim Arsiparis Kanwil NTT. Yusup menyatakan, "Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Arsiparis Kanwil NTT yang telah memberikan waktu untuk melakukan sosialisasi tentang kearsipan di Lapas Kalabahi, saya kira ini sangat membantu kami,"

 

Tak hanya itu, Yusup juga mengekspresikan harapannya bahwa kegiatan sosialisasi ini akan memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan pemahaman para pegawai Lapas Kalabahi tentang kearsipan. "Kami berharap kegiatan sosialisasi ini mampu memberikan manfaat terhadap peningkatan pemahaman para pegawai Lapas Kalabahi tentang kearsipan," tambahnya.

 

Para pemateri tidak hanya memberikan penjelasan teoritis, tetapi juga mengajak para perwakilan dari setiap bidang di Lapas Kalabahi untuk terlibat langsung dalam pemeriksaan surat dinas. Antusiasme tinggi terlihat dari partisipasi aktif para pegawai Lapas Kalabahi, yang memberikan kesan positif terhadap kegiatan ini.

 

Di samping itu, kegiatan ini juga sejalan dengan arahan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, yang selalu menekankan pentingnya tertib administrasi termasuk dalam hal kearsipan.

 

Keseluruhan, kegiatan ini menjadi langkah positif dalam mewujudkan standar pengelolaan arsip yang tinggi dan menjaga ketertiban administratif di Lapas Kalabahi. Dengan antusiasme tinggi para pegawai, terlihat semangat untuk terlibat aktif dalam upaya peningkatan ini. Semoga keberhasilan kegiatan sosialisasi ini menjadi landasan untuk perbaikan lebih lanjut dalam manajemen arsip Lapas Kalabahi. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar