Minggu, 31 Desember 2023

Bentuk Ungkapan Syukur, Warga Binaan Nasrani Lapas Kalabahi Ikuti Ibadah Kunci Tahun 2023


Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai bentuk ungkapan syukur, seluruh warga binaan Nasrani Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi mengikuti Ibadah Kunci Tahun 2023, Minggu (31/12). Ibadah tersebut berlangsung di Gereja Zoar Lapas Kalabahi dan turut diikuti oleh Petugas Lapas beragama Nasrani dan keluarga warga binaan.

Ibadah Kunci Tahun ini dipimpin oleh Pendeta (Pdt) Maacha I. M. Laure, dengan pelaksanaannya terpantau aman dan tertib serta berada dalam pengawasan seluruh Petugas Regu Pengamanan (Rupam) dan Petugas Bantuan Kendali Operasi (BKO) Pengamanan Akhir Tahun.

Tidak hanya itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, beserta para Pejabat Pengawas dan Pejabat Pelaksana juga melakukan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan Ibadah Kunci Tahun ini. Hal tersebut sesuai atensi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, yang memerintahkan seluruh Kepala Satuan Kerja (Satker) dan jajaran untuk secara langsung melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan rangkaian Ibadah Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang dilaksanakan di Satker masing-masing.

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Ibadah Kunci Tahun dilaksanakan sebagai wujud ungkapan syukur seluruh warga binaan Nasrani terhadap pemeliharaan Tuhan Yang Maha Esa (YME) selama Tahun 2023. Ia berharap agar kegiatan ibadah ini dapat berjalan aman, lancar, dan terkendali tanpa adanya gangguan keamanan dan ketertiban.



"Saya melihat seluruh warga binaan Nasrani mengikuti seluruh rangkaian ibadah yang berlangsung dengan penuh antusias dan penuh ungkapan syukur yang mendalam terhadap pemeliharaan dan kebaikan Tuhan Yang Maha Esa, yang mereka rasakan selama setahun ini. Kami berharap ibadah ini dapat menjadi ibadah yang penuh dengan refleksi dan inspirasi bagi warga binaan dan Petugas yang beragaman Nasrani untuk menghadapi Tahun 2024 dengan banyak perubahan, tekad, dan semangat yang baru," ujar Yusup.

Pada kesempatan yang sama, Pdt. Maacha I. M. Laure juga menyampaikan hal yang serupa. Ia berharap agar Ibadah Kunci Tahun yang dilaksanakan dapat menjadi momen bagi setiap warga binaan dan Petugas Lapas yang beragama Nasrani, juga keluarga warga binaan untuk merefleksi kebaikan Tuhan YME selama Tahun 2023.

"Ibadah ini akan menjadi momen untuk mereka mengintropeksi diri menjadi lebih baik dan berharga untuk memasuki Tahun Baru 2024 dengan hati yang baru, semangat yang baru, dan penuh dengan perubahan hidup," tutur Pdt. Maacha.

Di sisi lain, salah seorang warga binaan, SM, menyatakan ungkapan rasa syukur dan kebahagiaannya bersama teman-teman atas perlindungan Tuhan YME selama Tahun 2023.

"Rasa syukur dan kebahagiaan yang besar kami haturkan kepada Tuhan YME atas perlindungan-Nya kami masih diberikan napas kehidupan sampai pada perhujung tahun ini. Kami mempunyai pengharapan yang besar untuk dapat menapaki Tahun 2024 dengan hidup baru yang lebih baik," tutup SM. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar