Sabtu, 09 Desember 2023

SOLIDARITAS KEMANUSIAAN: LAPAS KALABAHI SAMBUT HARI HAM SEDUNIA DENGAN DONOR DARAH

 

Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menyambut Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang ke-75 dengan menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Aula Lapas Kalabahi, Sabtu (09/12). Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Alor dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalabahi.

Aksi donor darah tersebut melibatkan seluruh pegawai Lapas Kalabahi, dan berhasil mengumpulkan 13 kantong darah dari pegawai yang memenuhi syarat untuk didonor. Aksi ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwi) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, saat menghadiri kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan jajaran Lapas Kalabahi bagi orang-orang yang membutuhkan tambahan darah.



Ia menekankan pentingnya kontribusi darah dari seluruh jajarannya bagi setiap insan yang mengalami gangguan kesehatan, karena melalui kontribusi tersebut akan menyelamatkan banyak jiwa yang membutuhkan pertolongan.

"Kita adalah makhluk sosial. Makhluk sosial yang tidak hanya berkarya bagi dirinya sendiri, tetapi berkarya bagi orang lain. Melalui sumbangsih darah kita, akan mewujudkan karya itu bagi orang lain, karena mereka merasa tertolong," ujar Yusup.

Yusup lanjut menjelaskan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang tidak sia-sia, tetapi kegiatan yang memiliki dampak besar bagi pemenuhan Hak Asasi Manusia, yakni hak untuk hidup.

"Kami berharap sumbangsih darah yang kami berikan, dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan di Kabupaten Alor untuk melanjutkan hidup dan kehidupan mereka bersama keluarga," tandasnya.



Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Penunjang Medis RSUD Kalabahi, Lince Y. E. Blegur, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Lapas Kalabahi yang sudah melaksanakan kegiatan kemanusian tersebut.

"Kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Lapas Kalabahi akan sangat membantu banyak orang yang mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan tambahan darah. Melalui darah yang disumbangkan, akan meningkatkan Umur Harapan Hidup (UHH) mereka," jelas Lince.

Diakhir penyampaiannya, Lince berharap agar kegiatan donor darah yang dilaksanakan, dapat berkelanjutan untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup bagi kebutuhan medis. (Humas_AN)






0 komentar:

Posting Komentar