Selasa, 19 Desember 2023

PERINGATI HARI BELA NEGARA KE-75 JAJARAN LAPAS KALABAHI LAKSANAKAN UPACARA



Kalabahi, INFO_PAS - Dalam memperingati Hari Bela Negara ke-75, jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar Upacara dengan penuh khidmat, Selasa (19/12).

 

Upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Lapas Kalabahi ini dipimpin secara langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, dihadiri oleh seluruh pejabat struktural, staf pelaksana, dan tim pengamanan Lapas Kalabahi.

 

Dalam amanatnya, Yusup Gunawan membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo  Yang menekankan makna dari tema peringatan ini. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Setelah membacakan amanat presiden, Yusup juga memberikan arahan kepada seluruh pegawai untuk mempersiapkan diri dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). “Saudara sekalian yang hadir dalam upacara penting ini, terus saya ingtakan bahwa dalam menyambut Natal dan Tahun Baru tentu banyak hal yang harus kita persiapkan. Perayaan besar ini harus kita laksanakan dengan sangat baik dan tidak boleh mengesampingkan keamanan dari Lapas itu sendiri, keamanan adalah hal paling penting di momen yang besar ini,” tambah Yusup.

 

Momentum peringatan Hari Pahlawan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan para pegawai di lingkup Kemenkumham untuk melaksanakan semua upacara peringatan yang berkaitan dengan perjuangan bangsa.

 

Selain menjadi momentum mengenang semangat nasionalisme, upacara ini juga menjadi sarana untuk mengingatkan para pegawai Lapas Kalabahi akan tanggung jawab mereka dalam melanjutkan semangat para pahlawan dan menjaga apa yang telah diperoleh para pahlawan untuk bangsa ini.

 

Dengan semangat yang ada, peringatan Hari Bela Negara  di Lapas Kalabahi memberikan pesan bahwa semangat kepahlawanan harus terus diteruskan untuk memerangi ketidaksetaraan dan ketidaktahuan. Upacara ini bukan hanya sekadar ritual tahunan, tetapi juga panggilan untuk bersatu dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan adil bagi generasi mendatang. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar