Sabtu, 22 Juli 2023

SEMARAKKAN HARI ANAK NASIONAL, LAPAS KALABAHI GELAR BERBAGAI PERTANDINGAN BAGI ANAK-ANAK PEGAWAI



Kalabahi_Sabtu (22/07/23) Dalam rangka menyemarakkan Hari Anak Nasional (HAN) yang akan diperingati tanggal 23 Juli 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, menggelar berbagai pertandingan bagi anak-anak pegawai. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.

Berbagai pertandingan yang digelar Lapas Kelas IIB Kalabahi bagi anak-anak, yakni pertandingan makan kerupuk, membawa bendera merah putih, lari karung, dan gigit sendok. Pertandingan ini diikuti oleh seluruh anak pegawai dengan berbagai usia.

Pertandingan yang berlangsung meriah ini, dilaksanakan pada sore hari dan turut dihadiri oleh Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, beserta seluruh pegawai dan kedua orangtua anak-anak yang mengikuti pertandingan.

Dalam pelaksanaannya, anak-anak terlihat sangat senang dan bahagia. Hal tersebut dibuktikan oleh wajah mereka yang terpantau ceria selama mengikuti lomba.

Di sisi lain, sepasang orangtua dari anak-anak yang ikut bertanding, juga turut memeriahkan Hari Anak Nasional ini. Mereka juga mengikuti pertandingan yang dirancang panitia, sejalan dengan pertandingan bagi anak-anak, yakni pertandingan menari balon.

Pertandingan menari balon sendiri, sengaja dirancang panitia untuk memperlihatkan kekompakan dan keharmonisan kedua orangtua di depan anak-anak mereka sehingga anak-anak merasa bahwa mereka tumbuh dan berkembang dalam asuhan kedua orangtua yang luar biasa dan selalu memancarkan kasih sayang.



Diakhir pertandingan, anak-anak yang mendapatkan juara maupun tidak, diberikan hadiah yang sangat menarik. Hadiah ini tidak hanya diberikan kepada anak-anak, tetapi diberikan juga kepada orangtua yang mendapatkan juara menari balon.

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa berbagai pertandingan yang diikuti oleh anak-anak pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi merupakan pertandingan yang mengajarkan anak-anak untuk tahu arti kemerdekaan sesungguhnya serta melatih mental dan karakter anak-anak agar menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan kebangsaan dan berakhlak mulia.

Selain itu, Yusup juga menjelaskan bahwa pertandingan yang diikuti anak-anak merupakan pertandingan yang sengaja dirancangnya bersama panitia untuk memenuhi hak anak dalam bermain dan berlomba.

“Anak-anak mempunyai hak yang tidak kalah pentingnya dari kita sebagai orang dewasa. Mereka mempunyai hak untuk bermain dan berlomba. Jadi, kita patutnya menyediakan sarana bagi mereka untuk bermain dan berlomba melalui momen Hari Anak Nasional,” ujar Yusup.

Tidak hanya itu, Yusup juga menyampaikan bahwa selain untuk menyemarakkan Hari Anak Nasional, berbagai pertandingan yang diikuti anak-anak juga dilaksanakan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Kemenkumham ke-78.




“Dalam pelaksanaan pertandingan ini, kedua orangtua mereka juga turut serta menggelorakan Hari Anak Nasional tahun ini. Para orangtua mengikuti pertandingan menari balon, yang pada dasarnya pertandingan ini menyampaikan pesan yang positif kepada anak-anak mereka. Anak-anak dapat melihat dan merasakan bahwa orangtua mereka sangat harmonis dan memancarkan kasih sayang dalam memelihara dan membesarkan mereka. Hal ini secara tidak langsung sangat mempengaruhi psikologi mereka ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Armila Syarifudin, salah seorang ibu yang mendampingi anak-anaknya saat mengikuti pertandingan, menyampaikan bahwa ia bersama suami merasa sangat bahagia melihat anak-anak mereka mengikuti pertandingan yang digelar Lapas Kelas IIB Kalabahi.

“Hari ini, saya bersama suami sangat bahagia ketika melihat anak-anak kami mengikuti berbagai pertandingan yang dilaksanakan oleh Lapas Kalabahi bagi anak-anak. Lapas Kalabahi memberikan pesan dan kesan kepada kami untuk selalu memperhatikan hak anak-anak, disamping melaksanakan kesibukan kami masing-masing. Akhirnya, kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kalapas Kalabahi dan jajaran yang sudah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” pungkas Armila. (Humas_AN)
 

0 komentar:

Posting Komentar