Selasa, 18 Juli 2023

SONGSONG HARI ANAK NASIONAL, JAJARAN LAPAS KALABAHI IKUTI SEMINAR MOTIVASI FAMILY SUPPORT SECARA VIRTUAL


Kalabahi_Selasa (18/07/23) Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi secara virtual turut berpartisipasi dalam seminar Motivasi Family Support bagi Petugas Pemasyarakatan Tahun 2023. Kegiatan yang mengusung tema "Orangtua Bahagia Anak Ceria" ini, dilaksanakan untuk menyongsong Hari Anak Nasional (HAN) yang akan diperingati pada tanggal 23 Juli 2023 dan sebagai wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap tumbuh kembang anak.

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard S. P. Silitonga, sekaligus memberikan sambutan dalam pembukaan seminar. Beliau menyampaikan tentang pentingnya peran Petugas Pemasyarakatan dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak, serta perlunya pemahaman dan motivasi yang kuat bagi para orang tua untuk menjaga kebahagiaan anak-anak mereka.

Dalam seminar ini, dr. Aisah Dahlan, seorang pakar dalam Bidang Psikologi anak, menjadi pembicara utama. Dalam presentasinya, dr. Aisah membahas berbagai aspek penting yang berhubungan dengan motivasi orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak mereka. Beliau menyoroti peran positif orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak, memberikan cinta dan perhatian, serta memberikan motivasi untuk mengembangkan potensi mereka.

"Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan anak-anak. Melalui cinta, perhatian, dan motivasi yang tepat, kita dapat memberikan fondasi yang kuat bagi mereka agar tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan sukses," kata dr. Aisah dalam presentasinya.

Seminar ini diikuti oleh seluruh Petugas Pemasyarakatan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Para peserta mendapatkan wawasan baru dan inspirasi dalam mendukung proses rehabilitasi seluruh anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) atau di Lapas dan Rutan saat menampung anak didik untuk sementara waktu.

Kegiatan ini memberikan informasi yang berharga dan menjadi pedoman bagi Lapas Kelas IIB Kalabahi yang juga menjalankan sebagian fungsi LPKA dalam memberikan perhatian khusus kepada anak saat menampung anak didik untuk sementara waktu.



Dengan adanya seminar ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, mengharapkan agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat lebih memahami dan mempraktikkan pendekatan yang sesuai dalam mendampingi dan memberikan dukungan kepada anak dalam tumbuh kembangnya. Hal ini juga selalu menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, saat melakukan kunjungan ke seluruh UPT Pemasyarakatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Diakhir acara, Dirjenpas, Reynhard S. P. Silitonga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan pembicara atas partisipasinya dalam seminar ini. Beliau menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga dan melindungi hak-hak anak serta memberikan dukungan yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang mereka.

Melalui seminar motivasi Family Support ini, diharapkan pula peran serta keluarga dan lingkungan yang positif dapat menjadi faktor penting dalam membangun masa depan yang cerah bagi anak. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan demi kebahagiaan dan kemajuan generasi penerus bangsa Indonesia. (Humas_AF)

 

0 komentar:

Posting Komentar