Jumat, 21 Juli 2023

SEMARAKKAN HUT RI DAN HDKD KE-78, LAPAS KALABAHI BUKA PEKAN OLAHRAGA


Kalabahi_Jumat (21/07/23) Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang akan diperingati tanggal 17 dan 19 Agustus 2023, Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi membuka kegiatan Pekan Olahraga. Kegiatan ini, mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.

Kegiatan Pekan Olahraga diawali dengan upacara pembukaan yang turut diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi, ibu-ibu Dharma Wanita, dan beberapa perwakilan warga binaan.

Selaku Inspektur Upacara, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan membuka kegiatan Pekan Olahraga. Ia menyampaikan bahwa kegiatan Pekan Olahraga yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Kalabahi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan Hari Dharma Karya Dhika atau Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78.




Yusup mengharapkan kegiatan Pekan Olahraga yang diikuti oleh seluruh pegawai, ibu-ibu Dharma Wanita, dan seluruh warga binaan, tidak hanya dilakukan secara seremonial belaka. Namun, lebih kepada mempererat hubungan tali silaturahmi antar pegawai, ibu-ibu Dharma Wanita, dan warga binaan.

"Saya minta agar kegiatan Pekan Olahraga ini dapat berjalan dengan baik dan aman selama beberapa waktu ke depan. Mohon agar para panitia dapat menjaga keamanannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Yusup.

Yusup juga mengimbau agar seluruh peserta yang mengikuti berbagai jenis perlombaan, dapat mengikutinya dengan baik dan sportif. Ia tidak menginginkan masalah terjadi selama berlangsungnya perlombaan.

"Kita semua ikuti lomba untuk memeriahkan HDKD dan HUT RI ke-78. Harus tetap solid dan kompak. Dalam perlombaan, keadaan menang dan kalah itu hal yang biasa. Jangan karena kalah, terus buat masalah. Hal itu tidak boleh terjadi," tegasnya.

Kepada seluruh warga binaan, Yusup minta agar mereka dapat mengendalikan emosi saat mengikuti perlombaan karena menurutnya, tidak ada hal yang paling penting dalam Pekan Olahraga yang dilaksanakan selain untuk memeriahkan HDKD dan HUT Kemerdekaan RI.




Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan peralatan olahraga oleh Kalapas Kalabahi kepada Sekretaris Panitia, Henok P. Mabilehi.

Selanjutnya, dilaksanakan senam zumba bersama. Senam zumba ini dipimpin oleh Instruktur Senam, Mis Tingting dan kawan-kawan.

Senam zumba sendiri merupakan olahraga atau latihan fisik yang memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan aerobik yang menyenangkan.

Dalam pelaksanaannya, para pegawai, ibu-ibu Dharma Wanita, dan perwakilan warga binaan menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti gerakan instruktur dan irama musik yang dibunyikan.

Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pegawai, ibu-ibu Dharma Wanita, dan warga binaan yang mengikuti senam dengan semangat dan ceria. Kemudian, dilaksanakan lomba tarik tambang.




Lomba tarik tambang merupakan lomba pertama yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pekan Olahraga. Lomba ini dilaksanakan secara meriah dan mengikutsertakan peserta dari kalangan pegawai dan warga binaan.

Diakhir kegiatan, salah seorang warga binaan yang tidak mau disebutkan namanya, menyampaikan rasa senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan Pekan Olahraga dalam rangka memperingati HDKD dan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapas Kelas IIB Kalabahi.



"Walaupun saya sedang menjalani pidana di Lapas Kalabahi, tetapi hak saya untuk mengikuti olahraga dan perlombaan, tidak dibatasi. Saya sangat senang dan bangga bisa memperingati HDKD dan HUT RI ke-78 di dalam Lapas ini. Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar sampai selesai," pungkasnya. (Humas_AN)






 

0 komentar:

Posting Komentar