Selasa, 21 Mei 2024

Tingkatkan Pemahaman Tentang Penyakit Menular, Lapas Kalabahi Ikuti Sosialisasi Pengendalian TBC dan HIV/AIDS Secara Virtual




Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang penyakit TBC dan HIV/AIDS  serta menjaga kesehatan Warga Binaan, Lapas Kelas IIB Kalabahi mengikuti Sosialisasi Pengendalian TBC dan HIV/AIDS secara virtual di Ruang Kasubsi Perawatan, Selasa (21/05).

 

Tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman serta penjelasan mengenai alur penyelenggaraan layanan kesehatan pemasyarakatan, alur pengendalian penyakit menular, serta pengendalian penyakit TBC dan HIV/AIDS di setiap Lapas atau Rutan. Adapun pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Kasubsi Perawatan, Sepreni Malote didampingi oleh satu orang Staf Perawatan, Maria Laja. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh UPT dari Kanwil NTT, Kanwil Kalimantan Timur, Kanwil Kalimatan Selatan, dan Kanwil Sulawesi Tenggara. Hadir pula sebagai pembicara dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Fajar dari Ditjenpas.

 

Dalam momen tersebut, Fajar menyampaikan bahwa tingkat Warga Binaan di Lapas atau Rutan di beberapa Kanwil yang mengidap penyakit TBC dan HIV/AIDS meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Ia berharap dengan diadakannya sosialisasi ini setiap Satker dapat mencegah bahkan mengendalikan Warga Binaan yang mengidap Penyakit TBC dan HIV/AIDS di Satker masing-masing.

 

"Menurut data survei yang telah dikumpulkan di beberapa Satker, didapati bahwa tingkat Warga Binaan di Lapas atau Rutan di beberapa Kanwil yang mengidap penyakit TBC dan HIV/AIDS meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Saya berharap agar dengan diadakannya kegiatan ini setiap Satker melakukan langkah untuk mencegah serta mengendalikan Warga Binaan yang mengidap penyakit TBC dan HIV/AIDS.

 

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan memberi komentar atas kegiatan ini. Ia Menyampaikan bahwa Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi Lapas Kalabahi, karena kami mendapatkan edukasi serta pemahaman mengenai alur penyelenggaraan layanan kesehatan pemasyarakatan, alur pengendalian penyakit menular, serta pengendalian penyakit TBC dan HIV/AIDS di setiap Lapas atau Rutan.

 

"Kegiatan sosialisasi ini memiliki dampak yang positif bagi kami, karena dengan mengikuti kegiatan tersebut, kami jadi mendapat pemahaman mengenai mengenai alur penyelenggaraan layanan kesehatan pemasyarakatan, alur pengendalian penyakit menular, serta pengendalian penyakit TBC dan HIV/AIDS di setiap Lapas atau Rutan. Sehingga ketika terjadi masalah tersebut kami sudah lebih siap untuk menghadapinya," ujar Yusup.

 

Kegiatan ini tentunya mendapatkan tanggapan yamg baik dari Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone. Dalam momen ini Marciana menyampaikan kepada setiap UPT khususnya di Lapas atau Rutan untuk selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa menambah pengetahuan serta pengalaman untuk melaksanakan tugas pemasyarakatan di masing-masing UPT. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar