Jumat, 15 Maret 2024

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Lapas Kalabahi Lakukan Pembersihan Area Branggang

Kalabahi, INFO_PAS -  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi, melakukan kegiatan sanitasi berupa pembersihan area antara tembok keliling Lapas dan bangunan utama (area branggang). Kegiatan ini dilaksanakan demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat, Jumat (15/03).

 

Kegiatan ini melibatkan Warga Binaan Lapas Kalabahi dibawah pengawasan Kepala Regu Pengamanan (Karupam) III Lapas Kalabahi, Silvino Maya, beserta Regu Pengamanan (Rupam). Tujuan dari kegiatan ini adalah agar tercipta lingkungan Lapas yang bersih  serta untuk menjaga Warga Binaan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, disaat yang sama menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan ini juga merupakan bagian dari mengantisipasi persoalan seperti timbulnya penyakit akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir.

 

"Cuaca ekstrim beberapa hari terakhir ini harus cepat ditanggapi dengan serius agar jangan sampai timbul masalah baru terkait kesehatan Warga Binaan, kami berusaha sebaik mungkin agar kesehatan Warga Binaan  tetap terjaga melalui pembersihan area Lapas," ujar Yusup.

 

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan Warga Binaan sebagai bagian dari pemajuan Hak Asasi Manusia demi tercapainya tujuan Pemasyarakatan.

 

Kebersihan adalah hal yang sangat penting, kegiatan pembersihan lingkungan sebagai langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrim merupakan wujud nyata komitmen Lapas Kalabahi dalam pemajuan Hak Asasi Manusia khususnya dalam menjamin Kesehatan Warga Binaan. (Humas_AP)

0 komentar:

Posting Komentar