Selasa, 05 Maret 2024

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Rasa Cinta Tanah Air Warga Binaan, Gudep Pramuka Lapas Kalabahi Laksanakan Latihan Semaphore



Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai upaya dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air, Gugus Depan (Gudep) Pramuka Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi kembali melaksanakan pendidikan karakter bagi warga binaan melalui pelatihan rutin dasar kepramukaan, Selasa (05/03).

Fokus latihan pada hari ini, yakni pengenalan komunikasi melalui bendera Semaphore. Semaphore atau semafor adalah cara untuk mengirim dan menerima berita yang biasanya digunakan dalam pramuka. Semaphore pramuka sendiri umumnya menggunakan media berupa dua buah bendera. Gerakan semaphore pramuka terdiri dari 30 formasi yang masing-masing gerakannya tersebut melambangkan huruf, angka, atau isyarat tertentu.

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan olahraga Lapas Kalabahi dan dipimpin oleh Pembina Gugus Depan (Gudep) Lapas Kalabahi, Mauludin Hamzah dan Ardiyansyah Mahmud, dengan didampingi beberapa pembantu pembina. Latihan ini diawasi langsung oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan (Regbimkemas), Yoseph Wasi.

Seluruh anggota tim Pramuka Gudep 01.147-01.148 Pangkalan Lapas Kalabahi diberi pengenalan tentang Semaphore kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan komunikasi dengan jarak tertentu. Anggota pramuka sangat semangat karena hal ini merupakan ilmu baru bagi mereka yang tidak pernah mereka dapat.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, turut hadir untuk memberi penguatan kepada seluruh warga binaan serta pembina yang sedang melatih dan menyampaikan bahwa latihan ini penting untuk pembekalan para anggota tim pramuka gudep lapas kalabahi sebagai bekal mereka ketika bebas nanti untuk berbaur dilingkungan masyarakat.

"Kegiatan rutin seperti ini akan terus dilakukan agar terus menanamkan sikap disiplin bagi seluruh warga binaan anggota pramuka Gugus Depan Lapas Kalabahi, pentingnya kegiatan pramuka ini akan menumbuhkan semangat wawasan kebangsaan, cinta tanah air, semangat Bhineka Tunggal Ika, menumbuhkan belas kasih dengan sesama serta meningkatkan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa hal ini sesuai dengan Kode Etik Gerakan Pramuka," ujar Yusup.

Ia menambahkan bahwa latihan ini akan dilaksanakan secara konsisten untuk kemajuan tim pramuka Lapas Kalabahi.

"Latihan rutin semacam ini akan dilaksanakan secara konsisten demi kemajuan tim pramuka warga binaan Lapas Kalabahi serta persiapan mengikuti lomba Baris-baris nanti," tambahnya.


Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan untuk selalu memberikan pembinaan kepada warga binaan.

Dengan demikian, latihan rutin semaphore ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran praktis bagi anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi, tetapi juga menjadi wujud komitmen Kalapas Kalabahi dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas tim pramuka di dalam Lapas Kalabahi, sehingga menjadi bekal mereka untuk mereka bisa menerapkan ilmu pramuka yang telah diberikan di lingkungan masyarakat bahkan menjadi Pembina Pramuka di sekolah-sekolah daerah asal mereka. (Humas_MH)

0 komentar:

Posting Komentar