Minggu, 03 Maret 2024

Wujud Kontribusi bagi Masyarakat Alor, Lapas Kalabahi Sediakan Tempat Pertemuan di Lahan SAE Warga Binaan



Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai wujud dalam memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Kabupaten Alor, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, serta atas dukungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, menyediakan tempat pertemuan berupa gazebo di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) warga binaan.

Hal tersebut terbukti ketika hari ini, Minggu (03/03), gazebo tersebut digunakan perdana oleh Paguyuban Orang Rote sebagai tempat pertemuan mereka, karena menurut mereka lokasi gazebo sangat strategis berada di pusat Kota Kalabahi, berbasis agrowisata, serta pemandangan sekitarnya menyejukkan hati dan elok dipandang mata.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, turut hadir dalam pertemuan tersebut, dan sekaligus membuka perdana gazebo SAE warga binaan untuk umum.

Dalam sambutannya, Yusup menyampaikan bahwa tujuan dibangunnya gazebo di lahan SAE tersebut adalah sebagai tempat istrahat sejenak bagi para tamu atau pembeli hasil perkebunan warga binaan sambil menikmati pemandangan di sekitar kebun serta menikmati makanan dan minuman yang tersedia di kafe, karena dalam beberapa hari ke depan akan diaktifkan kafe di tempat tersebut.

"Gazebo ini juga sebagai sarana pelengkap bagi Sarana Asimilasi dan Edukasi, karena harus berbasis agrowisata yang telah tersedia fasilitas-fasilitas pendukung. Selain itu, akan sangat bermanfaat bagi para warga binaan asimilasi yang bekerja, sebagai tempat bagi mereka untuk mengikuti pelatihan pertanian," ujar Yusup.

Tidak hanya itu, Yusup juga menerangkan bahwa pemanfaatan gazebo tersebut tidak hanya sebatas sebagai tempat untuk menikmati pemandangan kebun, menikmati hidangan kafe, dan tempat pelatihan bagi warga binaan asimilasi, tetapi juga sebagai sarana yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kabupaten Alor.




"Gazebo ini juga akan bermanfaat sebagai sarana yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kabupaten Alor, karena kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melaksanakan acara keluarga ataupun organisasi, seperti yang dialami saudara-saudara saat ini," jelasnya kepada Paguyuban Orang Rote yang hadir saat itu.

Diakhir penyampaiannya, Yusup menegaskan bahwa gazebo yang ada merupakan hasil karya warga binaan Lapas Kalabahi. Ia berharap kehadiran warga binaan yang dibina Lapas Kalabahi benar-benar dapat memberikan kontribusi positif yang nyata bagi masyarakat Kabupaten Alor, karena baginya Lapas hadir untuk membina warga binaan agar menjadi manusia yang baik dan produktif atau mampu berperan aktif dalam lingkungan masyarakat. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar