Jumat, 08 Maret 2024

Jajaran Lapas Kalabahi Ikuti Pembukaan Rangkaian Kegiatan HBP ke-60 Tahun 2024 Secara Daring


Kalabahi, INFO_PAS - Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi turut serta dalam pembukaan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024. Kegiatan ini bertemakan "Pemasyarakatan PASTI Berdampak," Jumat (08/03).

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, yang turut hadir di Aula Lapas Kalabahi memastikan kehadiran semua pegawai Lapas Kalabahi dalam acara tersebut pada pukul 09.00 WITA.

 

Acara pembukaan Rankaian Kegiatan HBP ke-60 berlangsung di Graha Bakti Pemasyarakatan dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga, Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjenham) Dhahana Putra, serta beberapa Pimpinan Tinggi (Pimti) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

 

Kegiatan dimulai dengan penandatanganan pernyataan pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) oleh Dirjenpas yang disaksikan oleh Dirjenham, sebelum kemudian Dirjenham memberikan sambutan.

 

Pembukaan acara HBP ke-60 dilakukan oleh Dirjenpas, Reynhard Silitonga, yang menekankan pentingnya peran petugas pemasyarakatan dalam mencapai tujuan pemasyarakatan yang mulia. "Untuk mencapai tujuan pemasyarakatan yang begitu mulia, tidak terlepas dari peran petugas pemasyarakatan yang mendedikasikan waktu dan staminanya dilapangan," ujar Reynhard.

 

Kegiatan kemudian ditutup dengan ceramah agama dan do'a oleh ustad Anwar Ahmad. Menyambut pembukaan rangkaian kegiatan HBP ke-60 ini, Kalapas Kalabahi menyatakan, "Untuk menyambut pembukaan rangkaian kegiatan HBP ke-60 ini, Lapas Kalabahi sudah mempersiapkan dengan sangat baik."

 

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk selalu melaksanakan peringatan kegiatan penting yang berkaitan dengan urusan dinas.

 

Peringatan HBP ke-60 Tahun 2024 menunjukkan komitmen Lapas Kalabahi dalam meningkatkan kualitas sistem pemasyarakatan, serta memperkuat sinergi antara Lapas Kalabahi dengan berbagai pihak terkait demi menciptakan sistem pemasyarakatan yang lebih berdampak dan berbasis pada hak asasi manusia. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar