Jumat, 22 Maret 2024

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Lapas Kalabahi Lakukan Perbaikan Jaringan Pipa Air di Blok Hunian

Kalabahi, INFO_PAS -  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi, melakukan kegiatan sanitasi berupa perbaikan seluruh jaringan pipa air pada blok hunian. Kegiatan ini berhasil meningkatkan debit air pada blok hunian Warga Binaan, Jumat (22/03).

 

Perbaikan pipa air ini dilakukan ole Warga Binaan dibawah arahan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, melalui Kepala Urusan Umum Lapas Kalabahi, John Mina Belo. Perbaikan ini guna mengatasi berbagai masalah seperti penyumbatan serta kebocoran pada jaringan pipa lama yang menyebabkan debit air bersih yang masuk ke dalam blok hunian menjadi menurun.

 

Perbaikan ini berhasil meningkatkan kembali debit air sehingga pasokan air menjadi lebih maksimal. Air bersih ini kemudian digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari Warga Binaan seperti mandi-cuci-kakus (MCK).

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi Warga Binaan, air bersih selain untuk memenuhi kebutuhan Kesehatan Warga Binaan juga untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

 

"Dengan adanya perbaikan ini, debit air menjadi lebih maksimal, Warga Binaan bisa menggunakan air bersih untuk berbagai kegiatan seperti mandi-cuci-kakus yang menunjang Kesehatan mereka juga dengan tersalurkannya air secara merata di dalam blok hunian dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti rebutan air oleh Warga Binaan." ujar Yusup.

 

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan Warga Binaan sebagai bagian dari tujuan Pemasyarakatan.

 

Perbaikan jaringan pipa air sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan pokok Warga Binaan ini merupakan wujud nyata komitmen Lapas Kalabahi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kesehatan para Warga Binaan. (Humas_AP)

0 komentar:

Posting Komentar