Senin, 04 Maret 2024

Upaya Pemenuhan Hak Warga Binaan: Lapas Kalabahi Bagikan Perlengkapan Mandi dan Cuci



Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai upaya dalam pemenuhan hak warga binaan akan kebersihan diri dan kesehatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, dan atas imbauan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, membagikan perlengkapan mandi dan cuci berupa sabun mandi, detergen, sampo, pasta gigi, dan sikat gigi kepada seluruh warga binaan, Senin (04/03).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Sub Seksi Perawatan, Sepreni A. Malote, bersama seluruh Staf Perawatan dan Staf Pengamanan.

Sementara kegiatan berlangsung, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, berpesan kepada seluruh warga binaan agar dapat memanfaatkan secara baik perlengkapan mandi dan cuci yang dibagikan untuk menjaga kebersihan diri dan kesehatan.

"Manfaatkanlah dengan baik perlengkapan mandi dan cuci yang sudah dibagikan untuk menjaga kebersihan diri demi kenyamanan dan kesehatan saudara-saudara. Apabila saudara-saudara selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, maka suadara-saudara akan terhindar dari berbagai penyakit kulit dan lain-lain," pesan Yusup.



Yusup juga mengimbau kepada mereka agar tidak menggunakan sabun mandi secara bergantian untuk menghindari terjadinya penularan penyakit kulit di antara warga binaan.

Pada momen ini juga, Yusup menekankan tentang pentingnya para warga binaan untuk menjaga kebersihan lingkungan Lapas selain menjaga kebersihan diri, karena baginya kebersihan diri harus selaras dengan kebersihan lingkungan Lapas.

"Kalau diri kita sudah bersih, maka lingkungan kita juga harus bersih. Kedua hal ini harus selaras. Lingkungan yang harus diperhatikan kebersihannya, mulai dari kamar hunian, blok hunian, hingga pada lingkungan di dalam dan di luar Lapas. Mohon untuk menjaganya, sehingga kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit akibat lingkungan yang tidak bersih," imbaunya.

Usai penyampaian Kalapas Kalabahi, seluruh warga binaan meresponinya dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang selalu diberikan Kalapas dan jajaran terhadap mereka, dan selanjutnya, mereka juga menyatakan kesediaan untuk melaksanakan sesuai imbauan yang disampaikan. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar