Selasa, 30 Juli 2024

Pelayanan kepada Warga Binaan yang Hamil, Lapas Kalabahi Gandeng RSB Mola Lakukan Pemeriksaan Kesehatan


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka memastikan keadaan kesehatan Warga Binaan yang hamil, Lapas Kelas IIB Kalabahi bekerja sama dengan Rumah Sakit Bergerak (RSB) Mola lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 1 orang Warga Binaan Ibu Hamil yang bertempat di Ruang Klinik Pratama Lapas, Selasa (30/07).

 

Kasi Binadikgiatja, Muhammad R. Gorjie, bersama 1 orang Staf Perawataan, menyambut dengan baik kedatangan Tim Kesehatan dari RSB Mola yang terdiri dari 4 orang dan dipimpin oleh Dr. Clara Obiso. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah dan kadar gula darah sekaligus memberikan edukasi terkait kehamilan.

 

Selaku pengawas dalam kegiatan ini, Kasi Binadikgiatja, Muhammad R. Gorjie, menyampaikan bahwa Lapas Kalabahi selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada Warga Binaan, salah satunya adalah kepada ibu hamil. "Kami ingin memastikan bahwa ibu hamil memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal. Pemeriksaan kesehatan yang rutin berguna agar kita dapat mendeteksi dini potensi masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi ibu dan bayi yang dikandung," ucap Gorjie.

 

Selama pemeriksaan, Dr. Clara Obiso berpesan kepada ibu hamil agar menjaga pola makan dan rajin berolahraga. "Setelah dilakukan pemeriksaan, keadaan ibu hamil dan bayi yang dikandung dalam keadaan yang sehat, namun bukan berarti tidak ada resiko masalah yang akan terjadi. Jadi saya berpesan agar tetap waspada dan tingkatkan pengawasan terhadap Warga Binaan ibu hamil ini," ujar Clara.

 

Warga Binaan Ibu Hamil, Inisial AY, mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan tersebut dan berterimakasih kepada Lapas Kalabahi dan RSB Mola. "Setelah mendapatkan pemeriksaan, saya jadi lebih tenang dan mendapatkan edukasi mengenai hal apa saja yang harus dihindari dan dilakukan selama kehamilan," pungkas AY.

 

Di momen yang sama, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, berpesan kepada jajarannya khususnya di bagian perawatan agar memberikan pelayanan terbaik kepada Warga Binaan Ibu Hamil tersebut dengan berpedoman dengan SOP yang berlaku. "Pastikan kesehatan dan pemenuhan makanan yang bergizi kepada Warga Binaan yang hamil agar keadaan ibu dan bayi yang dikandungnya sehat. Bila perlu berikan tambahan vitamin," kata Yusup.

 

Menanggapi kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, mengapresiasi langkah Lapas Kalabahi dalam memberikan pelayanan kepada Warga Binaan yang hamil. Marciana berharap agar setiap Warga Binaan dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal di setiap UPT Pemasyarakatan. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar