Kamis, 12 September 2024

Gelar Penggeledahan Rutin: Lapas Kalabahi Komitmen Wujudkan Blok Hunian yang Steril dan Aman


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka mewujudkan Blok Hunian yang steril dan aman dari segala potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Lapas Kelas IIB Kalabahi kembali menggelar penggeledahan secara rutin di Blok Hunian pada hari Kamis (12/09).

 

Kegiatan dimulai dengan doa bersama yang dipimpin secara langsung oleh Ka. KPLP, Saverinus A. Rengi, yang sekaligus memberikan arahan sebelum penggeledahan ini. Dalam arahannya, Ka. KPLP menyampaikan agar seluruh pegawai yang terlibat dalam penggeledahan ini dapat menyamakan persepsi masing-masinh yakni menyita sekaligus menghancurkan barang-barang temuan yang dapat mengancam Kamtib tanpa terkecuali.

 

"Di Blok Hunian nanti, saya harap tidak ada yang tebang pilih dalam mengamankan barang-barang geledah. Tetap fokus, disiplin, dan selalu jaga integritas dalam setiap tugas dan tanggung jawab kita sebagai Pegawai Lapas," ucap Saverinus.

 

Penggeledahan berlangsung dengan sistematis dan cermat di seluruh kamar Blok Hunian. Dalam penggeledahan ini didapati beberapa barang yang berpotensi membahayakan, di antaranya pisau cutter, silet, sendok stainless, korek gas, dan paku.

 

Turut bergabung juga, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, yang memberikan dukungan serta berpesan kepada seluruh jajarannya yang mengikuti kegiatan penggeledahan ini agar dapat bersikap humanis dan tetap menjaga etika ketika penggeledahan. "Tetap jaga sikap dan perilaku kita selama kegiatan ini. Patuhi juga SOP penggeledahan yang sudah berlaku agar kegiatan nanti dapat berjalan aman dan juga lancar," pesan Yusup.

 

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, Senantiasa mengapresiasi kegiatan yang mendukung terwujudnya Kamtib di setiap Satker Pemasyarakatan. Marciana juga menambahkan agar kegiatan penggeledahan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan mengacu pada peraturan yang berlaku.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan Lapas Kalabahi dapat menjadi tempat yang steril dan aman dari segala barang-barang yang dapat menimbulkan potensi gangguan Kamtib. Disamping itu kegiatan ini juga dapat menjadi pendorong kepercayaan dari masyarakat kepada Lapas Kalabahi dalam melaksanakan tugas pengamanan dan kemanan. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar