Rabu, 18 September 2024

Sholawat dan Doa Warnai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H di Lapas Kalabahi


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijiriah, Lapas Kelas IIB Kalabahi menggelar pengajian yang diikuti oleh seluruh pegawai dan Warga Binaan yang beragama islam di Masjid At-Taubah Lapas Kalabahi pada hari Rabu (18/09).

 

Penampilan marawis dari Warga Binaan membuka acara ini dengan meriah. Selanjutnya, acara disambung dengan pembacaan ayat-ayat al-qur'an oleh Warga Binaan yang kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Kasubag TU, Abdurrahman Haryono, yang mewakili Ketua Takmir Masjid At-Taubah Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan, yang saat itu sedang berhalangan hadir karena urusan mendadak.

 

Dalam sambutannya, Abdurrahman mengungkapkan bahwa momen ini adalah wujud rasa syukur Umat Islam dalam merayakan hari lahir dari nabi junjungan seluruh Umat Islam di dunia yaitu Nabi Muhammad SAW. Melanjutkan hal diatas, Abdurrahman juga berkata, "Semoga seluruh rangkaian acara kita pada hari ini dapat berjalan lancar dan memberikan keberkahan bagi kita semua."

 

Meskipun tidak dapat hadir dalam acara ini, Ketua Takmir Masjid Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan, mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusias untuk merayakan hari besar ini bersama Warga Binaan di lapas. Menurut Yusup, "Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa yang harus kita syukuri dan rayakan sebagai Umat Muslim dengan melakukan amal-amal yang baik terutama membantu kepada sesama."

 

Pada momen ini, Lapas Kalabahi menghadirkan Ustaz Umar yang akan menyampaikan hikmah dari peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau menyampaikan agar Umat Muslim di seluruh dunia dapat terus belajar dan meniru segala tingkah dan perbuatan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

 

"Mari teman sekalian kita senantiasa menjadikan momen ini sebagai cara kita untuk bersyukur dan meneladani jejak dari Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Umar.

 

Acara berikutnya ialah pemberian hadiah terhadap pemenang Lomba Adzan dan Khutbah antar Warga Binaan yang diserahkan secara simbolik oleh Abdurrahman Haryono dan Ustaz Umar.

 

Seusai acara, petugas yang dibantu oleh berapa Warga Binaan Muslim membagikan kue ke setiap Warga Binaan yang ada di Blok Hunian sebagai bentuk berbagi berkah kepada sesama.

 

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, menberikan komentar positifnya atas pelaksanaan rangkaian kegiatan perayaan Maulid Nabi di Lapas Kalabahi agar dilakukan dengan tetap berpedoman SOP keamanan yang berlaku agar berjalan aman dan kondusif. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar