Rabu, 28 Agustus 2024

Perkuat Koordinasi Antar APH: Plh. Binadikgiatja Pimpin Jajaran Registrasi Ikuti Kegiatan FGD Mankumjakpol secara Virtual


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka meningkatkan koordinasi antar Aparat Penegak Hukum (APH), Plh. Binadikgiatja Lapas Kelas IIB Kalabahi, Yosef Wasi, pimpin Jajaran Registrasi Ikuti kegitan Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Mahkamah Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Agung, dan Polri (Mankumjakpol) secara virtual di Ruangan Registrasi Lapas Kalabahi, Rabu (28/08).

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dimana tema yang akan diambil dalam kegiatan tersebut yaitu Sinkronisasi Administrasi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran dalam Sistem Peradilan Pidana Terpadu yang akan dilaksanakan secara hybrid.

 

Selaku Direktur Pelayanan Tahanan dan Anak dan Pengelolaan Barang Sitaan (Baran) dan Barang Rampasan (Baran), MHD Jahari Sitepu, membuka kegiatan ini dengan menyampaikan materi pembuka mengenai tujuan dari kegiatan FGD Mankumjakpol. Dalam kesempatan tersebut, Jahari menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam penegakan hukum dan keadilan di Indonesia.

 

Lebih lanjut, Jahari berkata, "Kegiatan FGD Mankumjakpol ini penting karena penegakan hukum di Indonesia masih bergelut dengan permasalahan internal berupa koordinasi dan konsultasi antar lembaga, sehingga diperlukan strategi dan langkah yang efektif untuk mengatasinya."

 

Yosef Wasi, Selaku Plh. Binadikgiatja, turut berpendapat bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberi edukasi tentang pentingnya Mankumjakpol yaitu untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi, mempercepat proses penegakan hukum, mengurangi tumpang tindih dan duplikasi, dan menyelesaikan kasus dengan lebih efektif, dimana seluruh tujuan tersebut berkaitan dengan dunia pemasyarakatan.

 

Pada momen yang sama, Yusup mengatakan, agar momentum pelaksanaan FGD ini dapat diikuti dengan baik karena banyak informasi yang disampaikan melalui diskusi para ahli terkait pentingnya Mankumjakpol dalam pelaksanaan tugas sebagai Aparatur Negara. "Pesan saya kepada teman-teman Jajaran di Lapas Kalabahi agar terus perdalam kemampuan dan juga pengetahuan tata kelola dalam melaksanakan tugas kita di lapas ini. Pengetahuan yang dibarengi dengan kemampuan akan menghasilkan kinerja yang optimal," pesan Yusup.

 

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone memberikan respon positif terkait kegiatan ini. Dalam kesempatan itu Marciana, senantiasa berpesan kepada seluruh jajarannya agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti segala kegiatan yang dapat menambah kemampuan maupun wawasan yang dapat menunjang pelaksanaan tugas pemasyarakatan.(Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar